• Twitter
  • Technocrati
  • stumbleupon
  • flickr
  • digg
  • youtube
  • facebook

Follow our Network

Pesan dari Grand Admin

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Semoga Dapat Menjadi Inspirasi dan Dapat Berguna Bagi Kita Semua

Fungsi Perangkat Jaringan

0

Label:

Fungsi Perangkat Jaringan Komputer

1.      Hub
Hub adalah sarana network yang dignakan untuk memperkuat jaringan transmisi sinyal pada suatu jenis workstation tertentu. Hub merupakan perangkat dengan banyak port yang memunginkan beberapa titik bergabung menjadi sebuag jaringan. Pada jaringan sederhana salah
satu port pada hub terhubung komputer server, tetapi bisa juga hub tidak langsung terhubung ke server tetapi juga ke hub lain.
2.      NIC(Nurfana's Networking Interface Card)
NIC merupakan circuit board yang memberi kemampuan komunikasi jaringan ke komputer-komputer personal yang terpasang pada motherboard. Card inilah yang menyediakan port untuk kabel, sehingga dapat terhubung ke network.
3.      Bridge
Bridge berfungsi untuk membagi sebuah jaringan hingga menjadi dua buah jaringan . Bridge mengatur informasi diantara kedua sisi network agar dapat berjalan dengan teratur .
4.      Router
Fungsi router ialah untuk menghubungkan jaringan LAN dengan internet dalam merutekan tranmisi antara keduanya . Router menstranmisikan informasi dari satu jaringan ke jaringan lain yang sistem kerjanya mirip dengan BRIDGE.
5.      Repeater
REPEATER berfungsi untuk penguat sinyal dari kabel , misalnya pada sebuah jaringan LAN dengan topologi start yang menggunakan kabel UTP. Repeater akan berusaha mempertahankan integritas sinyal dan mencegah degradasi sampai paket-paket data sampai ke tujuan.


6.      Kabel UTP
sebuah jenis kabel jaringan yang menggunakan bahan dasar tembaga, yang tidak dilengkapi dengan shield internal. UTP merupakan jenis kabel yang paling umum yang sering digunakan di dalam jaringan lokal (LAN), karena memang harganya yang rendah, fleksibel dan kinerja yang ditunjukkannya relatif bagus. Dalam kabel UTP, terdapat insulasi satu lapis yang melindungi kabel dari ketegangan fisik atau kerusakan tapi, tidak seperti kabel Shielded Twisted-pair (STP), insulasi tersebut tidak melindungi kabel dari interferensi.
7.      RJ 45
Adalah konektor yang dipasang di ujung kabel UTP untuk di sambungkan ke NIC (Networking interface Card)
8.      Kabel Fiber Optik
Fiber optik adalah sebuah kaca murni yang panjang dan tipis serta berdiameter sebesar rambut manusia. Dan dalam pengunaannya beberapa fiber optik dijadikan satu dalam sebuah tempat yang dinamakan kabel optik dan digunakan untuk mengantarkan data digital yang berupa sinar dalam jarak yang sangat jauh.
9.      Modem (Modulator Demodulator)
Modem adalah device yang mampu membuat computer terkoneksi dengan internet melalui jalur telepon. Modem banyak digunakan oleh komputer-komputer rumah dan jaringan sederhana untuk dapat berkomunikasi dengan jutaan computer lain dengan media internet.

Comments (0)

Posting Komentar

KOMEN YA GAN

banner ads banner ads banner ads